Tips Aman Melakukan Pendakian Gunung Sumbing Via Butuh Kaliangkrik Jalur Sejati

Tips Aman Melakukan Pendakian Gunung Sumbing Via Butuh Kaliangkrik Jalur Sejati

Tips Aman Melakukan Pendakian Gunung Sumbing Via Butuh Kaliangkrik Jalur Sejati – Gunung Sumbing adalah salah satu gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah. Secara strategis, Gunung Sumbing berada di bagian Kabupaten Wonosobo, Magelang dan Temanggung Jawa Tengah.

Pendakian Gunung Sumbing Via Butuh Kaliangkrik

Gunung satu ini mempunyai beberapa jalur yang sering dilewati para pendaki, terdapat Jalur pendakian gunung Sumbing Via Bowongso, Via Garung, Via Kaliangkrik dan lain sebagainya. Semua jalur pendakian sumbing mempunyai karakteristik berbeda – beda. Pada kesempatan kali ini, akan dipaparkan tentang perjalanan dan tips mendaki gunung sumbing via kaliangkrik magelang jawa tengah.

Gunung Sumbing memiliki ketinggian 3371 Mdpl dan statusnya sudah tidak aktif walaupun mempunyai kawah. Selain itu juga berjejeran dengan Gunung Sindoro yang masih aktif dan gagah di sebelahnya. Untuk mendaki gunung satu ini kurang disarankan bagi pemula yang belum mengerti tentang skill pendakian dan tidak didampingi oleh guide.

Pasalnya, sudah banyak yang mendaki ke gunung ini terkena hypothermia dan lain sebagainya. Pada artikel kali ini, penulis akan share pengalaman dan tips untuk mendaki Gunung Sumbing Via Kaliangkrik Magelang.

Lokasi basecamp sumbing via butuh kaliangkrik

Lokasi basecamp Sumbing Via Kaliangrik ini berada di Desa Butuh Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Untuk menuju ke lokasinya pendaki bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan.

Akan tetapi mengingat lokasi basecamp ini berada di ketinggian, jika menggunakan kendaraan pribadi harus berhati hati karena jalan beraspal tidak terlalu lebar dan tidak ada penerangan jalan jika malam hari.

Namun jika pendaki adalah orang jauh dan tidak menggunakan kendaraan pribadi, pendaki bisa menyewa atau mencari angkutan seperti travel atau mobil pickup untuk mengantarkan sampai basecamp. Rute menuju basecamp dari Jakarta, Anda bisa mencari bus arah terminal Tidar Magelang.

Setelah itu carilah minibus menuju arah ke terminal Kaliangrik, lalu mencari mobil untuk menuju ke Desa Butuh atau Basecamp tersebut. Perjalanan dari pusat kota magelang menuju basecamp membutuhkan waktu sekitar 1 setengah jam lamanya.

Menapaki Jejak Gunung Sumbing Via Butuh Kaliangkrik

Setelah sampai di Desa Butuh Kaliangkrik, warga ramah dan penuh tamah akan menyapa dengan kehangatan khas orang pedesaan. Desa dengan mayoritas sebagai petani ini terlihat begitu hijau nan sejuk.

Tidak hanya itu, pemandangan bangunan rumah pedesaan pun terlihat seperti khas bangunan di Negara Brazil. Basecamp butuh berada di rumah Kepada Desanya, Pendaki akan disambut dengan kehangatan sebagai tamu.

Sebelum melakukan pendakian, pendaki juga dapat memesan sarapan di Basecamp itu dengan harga yang sangat murah. Jika ingin menyewa peralatan seperti Tenda, Jaket, Sleeping Bag, dan lain sebagainya pun ada di sini. Tidak lupa juga sebelum melakukan pendakian tentu harus mendaftarkan diri sebagai pendaki (registrasi).

Baca Juga :   Tips Aman Melakukan Pendakian Gunung Merbabu Jalur Suwanting

Harga untuk per orangnya adalah Rp.15.000. Jika pendaki membawa kendaraan pribadi, biaya tambahan parkir juga cukup murah dan tidak akan menguras kantong.

Setelah perlengkapan semua matang dan sudah melakukan registrasi, kini saatnya pendaki memulai langkah awalnya dari Basecamp menuju 3371 Meter Dari Permukaan Laut. Gunung Sumbing Via Butuh Kaliangkrik memiliki 4 Pos sebagai shelter peristirahatan.

Lama perjalanan dari basecamp menuju puncak adalah 7 jam dengan ritme santai. Namun alangkah lebih aman jika beristirahat dan bersantai dahulu di pos untuk bermalam dan memasak.

Basecamp Menuju Pos 1

Perjalanan dari basecamp menuju Pos 1 membutuhkan waktu sekitar 1 jam lamanya. Pendaki trekking dengan medan bebatuan seerta sisi kiri dan kanan masih persawan milik warga. Berada di Pos 1 terdapat shelter untuk beristirahat. Jadi bersantailah dahulu di Gubuk yang telah disediakan pengelola. Belum ada sumber air pada Pos 1.

Pos 1 Menuju Pos 2

Menapaki jejak setelah melewati persawahan warga, diakhir Pos 1 setelah gardu trekking sudah melewati medan trek tanah dan bebatuan dan memasuki hutan. Namun bukan hutan belantara, sebab pada perjalanan menuju Pos 2 ini pendaki masih kerap menjumpai warga menggendong kayu untuk bahan bakar memasak di rumahnya.

Lama perjalanan menuju Pos 2 sekitar 2 Jam perjalanan santai. Ketika pendaki menjumpai gardu yang kedua kalinya, berarti pertanda pendaki sampai di Pos 2.

Pos 2 Menuju Pos 3 (Pos sumber air)

Ketika sudah bersantai ria di Pos 2, saatnya pendaki melanjutkan perjalanan ke Pos 3. Lama perjlanan menuju Pos 3 yakni sekitar 1 setengah jam dengan ritme santai. Perjalanan akan tersasa sedikit ringan menuju Pos 3 ini, pasalnya pendaki akan menemukan bonus jalan landau yang lumayan panjang dan hanya sedikit saja jalan tanjakan.

Berbeda dengan trek Sumbing Via Garung, yang mana tidak terdapat sama sekali bonus jalan landai. Ketika pendaki mendapati ada aliran air mengalir dan  tanah yang sedikit lapang, berarti pertanda Anda sudah sampai di Pos 3. Berada di Pos 3 ini pendaki bisa bersantai dan mendirikan tenda sembari istirahat.

Pos 3 Menuju Pos 4 (Pohon Tunggal)

Jika Anda tidak ingin mendirikan tenda di Pos 3, pendaki bisa melanjutkan perjalanan ke Pos 4. Pos 4 ini adalah tempat camp favorit para pendaki. Bagaimana tidak?  Pemandangan Gunung Merbabu, Merapi, Andong pun terlihat begitu gagah dan cantik. Selain itu juga sunrise menyambut dengan megahnya.

Perjalanan dari Pos 3 ke Pos 4 membutuhkan waktu sekitar 2 Jam setengah perjalanan santai. Pendaki akan melewati banyak sumber air mengalir di sini. dengan bebatuan yang dialiri air, pendaki harus berhati hati, sebab licin jika pada musim hujan. Setelah melewati aliran air, pendaki akan trekking dengan medan tanjakan untuk menuju Pos 4. Ketika pendaki menjumpai Pohon Tunggal, berarti pertanda sudah berada di Pos 4.

Pos 4 Menuju Puncak Sejati 3371 Mdpl

Setelah pendaki bersantai dan beristirahat di Pos 4, untuk melanjutkan perjalanan ke Puncak Sejati 3371 Mdpl tidak terlalu jauh. Pendaki hanya memakan waktu sekitar 1 jam setengah saja untuk sampai ke Puncaknya. Medan trek yang dilewati juga tidak sesulit via garung.

Bonusnya lagi jika pendaki melewati via butuh ini, bisa turun ke kawah. Sebelum puncak, pendaki akan mendapati pertigaan yang menunjukan arah ke puncak sejati, dana rah menuju kawah.

Baca Juga :   Air Terjun Tabur Batulicin, Wisata Tersembunyi Kabupaten Tanah Bumbu

Tips Aman Melakukan Pendakian Gunung Sumbing Via Butuh Kaliangkrik Jalur Sejati

  • Bawalah perlengakapan pendakian yang safety
  • Tenda harus ada flysheet, sebab di Pos 4 lahan terbuka dan rawan akan badai
  • Tidak perlu membawa banyak air untuk memasak, bawalah drigen untuk nanti diisi di pos air di Pos 3
  • Jika pendakian ramai, Anda harus bisa menghitung cukup tidaknya mencari lokasi untuk camp di Pos 4. Sebab di Pos 4 hanya cukup beberapa tenda saja. Maka dari itu, jika tidak cukup, Pos 3 bisa Anda jadikan plan.
  • Berhati-hati melewati aliran air yang berbatu setelah Pos 3.
  • Berdo’a

Catatan Pendakian (User Experience)

Pada waktu lalu,tepatnya pada akhir tahun 2016 saya membawa rombongan teman teman dari Jombang. Kami ber 6 waktu itu. Karena saya tahu ada teman kami yang belum pernah sama sekali mendaki gunung, saya inisiatif untuk mengajak mendaki jalur butuh kaliangkrik saja.

Karena pada awalnya mereka meminta untuk melewati jalur garung. Pendakian kami mulai pukul 8 pagi. Menikmati alam dengan perjalanan ke gunung ini membuat kami menambah tahu kepribadian masing masing.

Singkat cerita, kami sampai di Pos 4 pukul 17.00. Kami bergegas dan beres beres barang kami untuk memulai masak dan menyantap makanan. Setelah mengobrol dengan asyik, beristighosah dan melantunkan sholawat, pada pukul 19.30 an ada 1 pendaki pria menghampiri tenda kami.

Sontak kami kaget karena waktu itu yang berada di Pos 4 hanya tenda kami seorang. Ia mendaki bersama 2 orang temannya yang ternyata satu temannya terkena hypo di bawah setelah Pos 3.

Dengan tidak berfikir panjang, akhirnya saya turun kebawah dengan membawa senter air dan kompor. Setelah berjumpa dengan korban, ia memutuskan untuk menggendong korban sampai Pos 4. Cuaca badai besar waktu itu dan tidak mungkin untuk mendirikan tenda karena bisa bisa framnya patah.

Setelah itu, korban saya masukan ke tenda kami supaya kondisi tidak semakin parah. Saat itu korban sudah tidak bisa diajak bicara, dengan sedikit ilmu sbelajar tentang skill survive, saya memulai untuk membuatkan air hangat dan memasukan korban dalam sleeping bag.

Setelah beberapa jam kemudian akhirnya korban bisa diajak bicara kembali tetapi kondisi belum stabil 100%. Setelah itu saya berikan makan dan minuman manis untuk mengembalikan panas tubuhnya, dan akhirnya sudah kembali stabil.

Tenda yang kami gunakan hanya cukup untuk kapasitas 6 orang. Teman saya berlima saya suruh istirahat saja menemani si korban. Dengan cuaca yang ekstrim, badai angin kencang menghantam tubuh kami bertiga karena tidak dapat mendirikan tenda. Mendirikan tenda sudah tidak memungkinkan waktu itu, akhirnya saya dan 2 orang pendaki tersebut menikmati badai malam hari dengan hanya di lapisi sleeping bag hingga pagi hari tiba.

Pesan moral yang ingin penulis sampaikan ialah, sejatinya mendaki gunung adalah suatu hal dimana kita bisa benar benar merasakan saling tolong menolong.

Dalam kondisi apapun ketika kita menjumpai orang yang meminta pertolongan, kita wajib hukumnya untuk membantu. Mungkin itu yang bisa dipaparkan, jangan lupa untuk tidak membuang sampah ketika mendaki gunung dan selalu jaga alam kita supaya tetap lestari. . Terimakasih

europalia

Europalia adalah festival budaya dan seni internasional yang diselenggarakan di Belgia dan negara-negara tetangga sejak 1969. Festival ini diselenggarakan oleh Europalia Internasional, lembaga nonprofit di bawah Keluarga Kerajaan Belgia yang bermarkas di Brussel.

Related Posts

Air Terjun Tabur Batulicin, Wisata Tersembunyi Kabupaten Tanah Bumbu

Air Terjun Tabur Batulicin, Wisata Tersembunyi Kabupaten Tanah Bumbu

Tips Aman Melakukan Pendakian Gunung Merbabu Jalur Suwanting

Tips Aman Melakukan Pendakian Gunung Merbabu Jalur Suwanting

Tips Aman Melakukan Perjalanan Hingga ke Puncak Gunung Merapi

Tips Aman Melakukan Perjalanan Hingga ke Puncak Gunung Merapi

Inilah 4 Spot Sunrise di Dlingo Bantul Yogyakarta Yang Paling Hits dan Instagramable

Inilah 4 Spot Sunrise di Dlingo Bantul Yogyakarta Yang Paling Hits dan Instagramable