Tips Aman Melakukan Pendakian Gunung Merbabu Jalur Suwanting

Tips Aman Melakukan Pendakian Gunung Merbabu Jalur Suwanting

Gunung Merbabu  adalah salah satu gunung yang wajib untuk dijadikan destinasi pendakian. Karena memang gunung yang mempunyai ketinggian 3142 Mdpl ini terkenal dengan keindahan panorama sabananya.

Rumput terhampar luas dengan hijaunya, sembari ditemani dingin udara merbabu adalah suatu hal yang dirindukan para pendaki.

Gunung Merbabu ini memiliki beberapa jalur yang sering pendaki lewati, diantaranya seperti Merbabu Via Selo yang sudah dibahas di artikel sebelumnya, lalu ada Merbabu via Gancik, Via Wekas, Via Cunthel, Via Grenden, Via Tekhelan, dan Merbabu Via Suwanting yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Gunung Merbabu ini sangat digandrungi para pendaki, bahkan traveler lokal maupun mancanegara turut mengikuti dan menikmati keindahan Merbabu ini.

Pemandangan cantik dan indah, mungkin ini yang menjadikan khas dari Merbabu. Gunung yang sudah tidak aktif ini berjejer dengan Gunung Merapi yang gagah dan masih aktif.

Baiklah, pada kesempatan kali ini akan dishare tips dan informasi seputar pendakian Gunung Merbabu Via Suwanting. Mari simak ulasan di bawah.

Rute Pendakian Gunung Merbabu Via Suwanting

Lokasi Basecamp Swanting ini tepatnya di Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Kota Seribu Bunga yang memang secara administratif daerah yang banyak potensi wisata alamnya.

Salah satunya adalah wisata Gardu Pandang “KETEP PASS” pernahkah Anda mendengarnya? Nah untuk menuju lokasi Desa Suwanting ini satu arah menuju wisata tersebut.

Rute jika dari arah semarang, Anda menujulah ke Jl. Magelang – Kopeng. Setelah Anda sampai di Pasar Kaponan ini Anda ambil arah kiri dari pertigaan tersebut.

Ikuti saja jalan beraspal yang tidak terlalu lebar hingga menemukan plang “SUWANTING” atau Gapura selamat datang di Jalur pendakian Merbabu Swanting.

Dari Gapura tersebut, perjalanan masih masuk melewati jalan paving sekitar 2 Km. Untuk itu, jika Anda tidak membawa kendaran pribadi atau tamu dari jauh, disarankan Anda mencari kontak personal basecamp swanting untuk menjemput dimana lokasi Anda berada.

Setelah sampai di Basecamp, istirahatlah sejenak untuk menetralisir tenaga setelah lama menempuh perjalanan.

Berada di Basecamp swanting orangnya begitu ramah, dan care dengan pendaki. Jadi jangan sungkan jika Anda ingin meminta pertolongan ataupun sekedar bertanya.

Basecamp Swanting juga sudah dalam ketinggian lho guys, lebih dari 900 Mdpl ketinggiannya. Tidak heran kalaupun malam hari berada di Basecamp pun suhu mencapai 18-20 derajat C.

Baca Juga :   Tips Aman Melakukan Pendakian Gunung Sumbing Via Butuh Kaliangkrik Jalur Sejati

Jika Anda adalah pendaki yang baru pertama kali naik gunung merbabu via swanting ini, jangan sungkan meminta pengelola basecamp untuk memberi arahan tentang bagaimana perjalanan trek swanting. Beberapa rekan dari bandung banyak sekali yang menenyakan merbabu via suwanting dari bandung berapa jam sampai di tempat.

Pengelola tentu sangat antusias untuk memberikan materi yang akan Anda bawa trekking Gunung Merbabu Via Swanting ini.

Berbeda dengan jalur jalur merbabu lain, via swanting paling digandrungi pendaki karena air di setiap pos sangat melimpah. Yang kedua adalah pemandangannya yang cantik mempesona, sehingga para pendaki akan dibuat takjub.

Tapi dengan catatan dalam cuaca cerah, sebab jikalau musim hujan, kabut dan hujan tentu akan menyelimuti Anda pendaki budiman.

Jalur Pendakian Merbabu Via Suwanting

jalur pendakian merbabu via suwanting
jalur pendakian merbabu via suwanting

Sebelum memulai Pendakian, tentu retribusi/simaksi di Basecamp harus Anda lakukan dahulu secara legal. Supaya nama Anda tercatat dengan resmi bahwa Anda sedang dalam melakukan pendakian di Gunung Merbabu hari itu juga.

Retribusi Pendakian Wajib Anda lakukan, sebab jika terjadi dengan rombongan pendaki Anda atau diri Anda sendiri, tim SAR dapat membantu pertolongan demi keselamatan Anda.

Bayangkan jika Anda tidak melakukan simaksi/retribusi, jika sewaktu waktu Anda tersesat dan terjadi hal yang  tidak diinginkan, nama Anda juga tidak ada dalam daftar pendakian tentu akan sangat berbahaya dan tim SAR tidak tahu akan hal itu.

Biaya retribusi pendakian Merbabu via Suwanting tergolong cukup murah, perorangnya hanya dikenakan biaya Rp15.000 saja.

Jika pendaki membawa kendaraan pribadi, biaya tambahan keamanan kendaraan Anda hanya Rp10.000 untuk motor dan Rp15.000 untuk Mobil. Ada yang bertanya estimasi merbabu via suwanting dari jakarta berapa lama untuk sampai di tempat.

Jika sudah melakukan retribusi dan sudah mempersiapkan dengan matang perlengkapan pendakian kini saatnya Anda menapaki jejak ke Gunung Merbabu.

Estimasi Merbabu Via Suwanting

Estimasi waktu mendaki gunung merbabu jika dilanjutkan sampai puncak membutuhkan waktu tempuh sekitar 7 jam perjalanan dengan ritme santai. Maka terjawab sudah pertanyaan rekan rekan yang bertanya perihal merbabu via suwanting berapa jam.

Namun hal itu jarang untuk dilakukan, karena mayoritas pendaki membutuhkan istirahat untuk mendirikan tenda dan menyantap makanan.

Baca Juga :   Inilah 4 Spot Sunrise di Dlingo Bantul Yogyakarta Yang Paling Hits dan Instagramable

Berikut adalah gambaran lama dari Basecamp ke Pos pos yang akan ditempuh Merbabu Via Swanting :

  • Basecamp Menuju Pos 1 = Durasi Waktu 1 jam
  • Pos  1 Menuju Pos 2 = Durasi Waktu 1 setengah Jam
  • Pos 2 Menuju Pos 3 ( Camp Area ) = Durasi Waktu 2 hingga 3 Jam
  • Pos 3 Menuju Puncak Swanting/Sabana = 1 Jam
  • Puncak Swanting Menuju Puncak Triangulasi = Durasi 30 Menit
  • Triangulasi Menuju Puncak Kentheng Songo = 5 Menit

Dari Basecamp menuju pos 1 pendaki melewati trek dengan medan beraspal lalu mulai memasuki area hutan pinus. Hutan pinus ini begitu indah dan dapat dijadikan spot foto yang apik.

Menuju hingga pos 2 perjalanan masih sama dengan melewati pinus dan medan tanah yang licin jika tersiram air hujan.

Tidak perlu cemas jika pendaki kekurangan air mineral, di pos 2 terdapat penampungan air yang dapat Anda ambil dan membawanya.

Menuju pos 3, disinilah pendakian terasa nikmat. Trek yang curam dan licin jika sehabis hujan tentu akan membuat lama perjalanan pendaki dan sangat menguras tenaga sembari menggendong carrier yang berat.

Jalur menuju pos 3 ini seringkali jadi perbincangan para pendaki karena treknya yang sulit. Tapi bagi pendaki yang suka dengan tantangan, jalur inilah tempatnya.

Pendaki akan menjumpai tali yang terulur untuk membantu berpegangan supaya meringankan melewati trek curam ini.

Pertanda jika pendaki hampir sampai di pos 3, pendaki akan menjumpai sumber air yang sudah disediakan para pengelola.

Ambillah secukupnya untuk menunjang air guna memasak dan minum ketika beristirahat. Sesampainya di pos 3, tanah lapang yang luas dan cukup untuk bermain sepak bola inilah yang cocok untuk Anda mendirikan tenda.

Selain lokasinya yang nyaman, sumber air juga dekat jika Anda kehabisan air untuk memasak.

Camp area di pos 3 jika di pagi hari juga sangat indah viewnya, jadi rekomendasi jika pendaki melewati jalur Swanting camp dan bersantailah di sini.

Selain pos 3, pos Puncak Swanting juga dapat Anda jadikan camp area, tetapi jika sewaktu waktu badai datang menghampiri, goncangan anginnya akan sangat terasa sebab berada di tanah lapang terbuka.

Dari Puncak Suwanting menuju puncak kentheng songo jaraknya sudah lumayan dekat. Dengan pemandangan indah sabana layaknya di film teletubies, pendaki tentu terpesona dengan hamparan samudera awan jika cuaca sedang cerah dan bersahabat.

europalia

Europalia adalah festival budaya dan seni internasional yang diselenggarakan di Belgia dan negara-negara tetangga sejak 1969. Festival ini diselenggarakan oleh Europalia Internasional, lembaga nonprofit di bawah Keluarga Kerajaan Belgia yang bermarkas di Brussel.

Related Posts

Tips Aman Melakukan Pendakian Gunung Sumbing Via Butuh Kaliangkrik Jalur Sejati

Tips Aman Melakukan Pendakian Gunung Sumbing Via Butuh Kaliangkrik Jalur Sejati

Tips Aman Melakukan Perjalanan Hingga ke Puncak Gunung Merapi

Tips Aman Melakukan Perjalanan Hingga ke Puncak Gunung Merapi

Inilah 4 Spot Sunrise di Dlingo Bantul Yogyakarta Yang Paling Hits dan Instagramable

Inilah 4 Spot Sunrise di Dlingo Bantul Yogyakarta Yang Paling Hits dan Instagramable