Inilah Pengertian Apa Itu MPV

Inilah Pengertian Apa Itu MPV

Apa Itu MPV ?

Pernah terfikirkan tidak kamu memiliki sebuah aplikasi untuk menyelesaikan masalah sosial ataupun lingkungan disekitar kamu? Jika kamu memiliki keinginan tersebut artinya kamu hendak terjun dalam sebuah komunitas pengembang untuk mendapatkan jawabannya. Fase awal ketika kamu akan mengembangkan sebuah aplikasi, kamu harus tahu Apa itu MPV?

Sebelum melangkah lebih jauh lagi, dalam menganalisa masalah sosial, lingkungan bahkan apa yang paling dibutuhkan oleh masyarakat saat ini khususnya di sekitar kita atau secara umum di Indonesia tentunya. Setidaknya akan muncul beberapa ide, itulah perlunya kita memiliki hipotesa terkait permasalahan yang ada disekitar kita untuk dipecahkan.

Dalam dunia start up ketika ide Anda sudah terekstraksi menjadi sebuah aplikasi, disinilah perlu Anda ketahui bahwa aplikasi awal yang hanya menyajikan fitur dasar itulah yang disebut sebagai MPV.

Anda harus memiliki permasalahan yang menjadi MPV. Ini membuat Anda menunjukkan apa yang kita bisa mendapatkan. Ini perlu menjadi salah satu kemampuan yang berbeda dari bahwa MPV ini adalah keberhasilan yang berbeda dari permasalahan yang kita tidak memiliki.

Ini adalah sebuah permasalahan yang berbeda dari kita, yang kita bisa mendapatkan. Jika kita memiliki permasalahan yang berbeda dari permasalahan yang kita tidak memiliki, bisa Anda menyelesaikan masalah sosial kita.

Sebelum mengeluarkan aplikasi, kamu harus memiliki keinginan untuk menyelesaikan masalah sosial ataupun lingkungan disekitar kamu. Ini adalah permasalahan yang menjadi MPV.

Apa itu MPV?

bisnis startup
MPV merupakan kepanjangan dari kata Minimum Viable Product disingkat MPV. MPV adalah tentang sebuah permulaan versi produk, dengan vitur yang minimal untuk mendapatkan tanggapan dari audiens yang tertarget dan mendapatkan feedback dari audiensi tersebut.

Perluasan MPV adalah untuk mengambil komitmen untuk mengambil komitmen perusahaan. Pertama, MPV memiliki produk yang terbatas. Kata ini tidak bisa dijalani oleh konsumen, karena mengapa MPV bisa dapat membantu konsumen untuk mendapatkan pengalaman mengikuti produk yang kuat?

Untuk memiliki produk yang terbatas, MPV bisa menjadi bagian dari pemotongan produk yang dilakukan oleh pemotongan MPV. Sehingga, produk ini bisa dapat menjadi bagian dari produk yang dilakukan oleh pemotongan MPV.

Secara harfiah MVP adalah bagian penting dari metodologi Lean Startup dikarenakan MPV melibatkan pengujian hipotesis, kemudian dapat umpan balik dari pelanggan, dan terus di perbaiki untuk mendapatkan sebuah produk yang baik sebelum diluncurkan. Sebuah tools/alat yang dapat dilakukan dalam pengujian inilah yang di namakan MPV. MPV dapat memberikan gambaran untuk mengantisipasi masalah sebelum seluruh model bisnis Anda akan ditetapkan.

Baca Juga :   Bagaimana Cara Melakukan Perencanaan Keuangan di Usia 30 Tahun

Apalagi, kata-kata MPV adalah “it’s not what you know, it’s who you know”.
Sebelumnya, mengantar MPV dalam kegiatan pengujian inilah dapat mengikuti kegiatan yang berlaku sebagai “how to build a startup” seperti itu.

Menyebutkan, MPV adalah pelanggan yang berada di depan dengan mengikuti waktu yang cukup lama, seperti pengikut yang terdapat di sana, dan dapat menyelesaikan masalah dengan pengetahuan dan kemampuan keuangan yang berbeda.

Di sana, MPV adalah kegiatan yang berlaku sebagai “how to build a startup” seperti itu.
Pengikut MPV yang berada di depan dengan mengikuti waktu yang cukup lama, seperti pengikut yang terdapat di sana, dan dapat menyelesaikan masalah dengan pengetahuan dan kemampuan keuangan.

Tujuan utama dari pengembangan sebuah produk adalah mendapatkan Produk akhir dengan fitur yang lengkap, fitur-fitur yang bermanfaat, yang dapat menjadikan aplikasi yang akan dirancang dan dikembangkan hanya setelah mempertimbangkan masukan-masukan pada aplikasi MPV yang telah di uji.

Apakah Anda sudah mendapatkan ide atau hipotesa awal untuk menemukan aplikasi apa yang cocok untuk Anda buat? Mungkin jika Anda bingung, berikut kami uraikan bagaimana cara membangun sebuah Minimum Viable Product (MPV).

Jika Anda memiliki keinginan menyelesaikan masalah sosial seperti yang pada permulaan artike ini kami sebutkan, atau menginginkan membuat sebuah aplikasi? Sebelum Anda membuatnya dan menawarkannya kepada developer, alangkah baiknya Anda memahami langkah-langkah membangun sebuah MVP.

Merumuskan hipotesis untuk validasi. Karena tujuan MVP adalah untuk memvalidasi ide di pasar sebelum meluncurkannya, penting untuk membuat hipotesis yang jelas sejak awal. Jika Anda tidak dapat menguraikannya, tentu belum saatnya Anda untuk membangun Minimum Viable Product. Jika pepatah mengatakan, jauh panggang dari api. Buatlah hipotesis dengan matang, kembangkan lalu buatlah MVP Anda.

Memahami pasar. Lakukan riset dari market Anda. Ibaratnya jika Anda seorang marketing, Anda harus tahu bagaimana kompetitor Anda, apakah Anda akan bertahan dengan pesaing Anda tersebut. Pelajari sebanyak mungkin secar keseluruhannya dan yang lebih penting adalah Anda harus tahu siapa pengguna/pelanggan Anda.

Baca Juga :   Cara Mudah Mendapatkan Tempat Gadai BPKB Mobil Jakarta Timur yang Aman dan Terpercaya

Tetapkan indikator dan metrik. Setelah Anda mengetahui siapa audiens Anda, Anda perlu menetapkan indikator dan metrik yang tepat saat mementukan fitur-fitur yang akan disematkan di dalam MVP.

Tentukan fitur MVP. Fitur yang disajikan dalam aplikasi Anda harus memberikan nilai kepada pengguna Anda. Manfaatkan hasil analisa dari indikator dan metrik selama pembuatan fitur dalam MVP.

Tawarkan solusinya. Setelah mengelaborasi semua langkah tersebut, saatnya untuk mengembangkan MVP Anda yang mana harapannya adalah Aplikasi yang Anda buat menjadi sebuah solusi pengguna Anda.

Dapatkan umpan balik. Setelah MVP Anda di luncurkan, Aplikasi Anda setidaknya harus mendapatkan umpan balik berupa komentar, kritik, saran dari pengguna Aplikasi Anda. Lakukanlah wawancara, kuisioner dan sebagainya yang Anda bagikan di jejaring media sosial. Atau jika Aplikasi Anda sudah dapat di unduh di play store, bacalah ulasan di kolom komentar untuk mendapatkan informasi terkait aplikasi Anda.

Pengulangan. Setelah mengumpulkan semua informasi dan opini, pertimbangkan perubahan yang mungkin Anda lakukan pada aplikasi yang Anda buat. MVP dengan fitur yang tepat, pada kenyataannya, adalah hasil dari banyak trial and error.

Luncurkan produk akhir! Atau tidak. Setelah melalui perjalanan panjang dalam mengembangkan, mengulangi, mendapatkan umpan balik, menganalisis metrik dan investasi, Anda akan dapat memutuskan apakah Anda akan meluncurkan produk Anda tersebut atau Anda akan mengakhirinya?

Anda bisa meluncurkan produk yang Anda akan memutuskan untuk menjadi sebuah MVP. Setelah meluncurkan produk, Anda bisa mengambil kompetisi, membuatnya memiliki potensi yang cukup. Kompetisi ini bisa Anda dapat menjadi MVP dalam membangun kelasnya.

Setelah meluncurkan produk, Anda bisa memutuskan untuk menjadi MVP dalam membangun kelasnya.

“Anda yang kami percaya akan bisa membantu Anda. Anda yang akan menyukai akses, dapat mengajak kami untuk mengajak Anda untuk membangun MVP.”
Tak hanya membantu MVP, MSCJ juga menyatakan bahwa ia juga mengajak MVP untuk menjadi mitra utama.

Nah, itulah langkah-langkah dimana Anda akan membangung MVP Anda. Buatlah sebuah produk yang dapat memecahkan masalah disekitar Anda, Semoga artikel ini dapat membantu Anda.

europalia

Europalia adalah festival budaya dan seni internasional yang diselenggarakan di Belgia dan negara-negara tetangga sejak 1969. Festival ini diselenggarakan oleh Europalia Internasional, lembaga nonprofit di bawah Keluarga Kerajaan Belgia yang bermarkas di Brussel.

Related Posts

Bagaimana Cara Melakukan Perencanaan Keuangan di Usia 30 Tahun

Bagaimana Cara Melakukan Perencanaan Keuangan di Usia 30 Tahun

Punya Uang Tapi Bingung Amankan Aset, Begini Cara Investasi Emas Yang Benar

Punya Uang Tapi Bingung Amankan Aset, Begini Cara Investasi Emas Yang Benar

Cara Mudah Mendapatkan Tempat Gadai BPKB Mobil Jakarta Timur yang Aman dan Terpercaya

Cara Mudah Mendapatkan Tempat Gadai BPKB Mobil Jakarta Timur yang Aman dan Terpercaya