Goa Liang Bangkai, Objek Wisata Alam Tanah Bumbu

Goa Liang Bangkai, Objek Wisata Alam Tanah Bumbu

Goa Liang Bangkai ini berada di wilayah Desa Dukuh Rejo, Kecamatan Mantewe. Objek pariwisata Goa Liang Bangkai ini letaknya kurang lebih sekitar 39 Kilometer dari pusat Kota Batulicin dengan jarak waktu tempuh yang kurang lebih 1 jam ekspedisi darat yang merupakan salah satu objek wisata di batu licin. Goa ini ialah salah satu objek pariwisata terbaik yang ada di Kota Batulicin Tanah Bumbu. Goa Liang Bangkai ini goa unik yang mana terdapat di wilayah pelosok kalimantan.

Di tempat wisata ini kita bisa menikmati panorama alam alam bukit kapur, goa kapur dan mendaki bukit kapur tersebut. Keberadaan Goa Liang Bangkai, diketahui sampai oleh Duta Besar Swedia yang sempat melaksanakan riset terkait terdapatnya kehidupan manusia. di dalamnya ada banyak lorong goa khas batu kapur yang saling terhubung. Liang Bangkai merupakan objek wisata alam yang berbentuk bukit kapur ataupun bukit karst. Goa Liang Bangkai sendiri ialah salah satu goa yang ada dalam gugusan pengunungan yang saat ini diketahui bagaikan Geopark Meratus.

Wisata Tebing Gua Liang Bangkai
Wisata Tebing Gua Liang Bangkai

Goa Liang Bangkai berbentuk perbukitan serta mempunyai hal yang unik didalam goa liang bangkai ini. Di mana goa ini cocok dengan namanya yakni liang bangkai maka tidak aneh jika tercium bau bangkai serta banyak ada berkeliaran hewan di dalamnya dan didalam goa tersebut ada danau kecil dan sangat jernih sekali. Menurut para ahli sejarah, dahulu kala Goa Liang ini pula sempat di huni oleh manusia purba kurang lebih pada masa 3. 000 SM . Pecahan batu dan sisa perlengkapan rumah tangga, serta artefak kerangka tulang manusia purba menjadi bukti sejarah yang masih ada sampai saat ini. Tidak hanya itu ditemui pula artefak berbentuk gambar purba di dalam bilik goa Liang Bangkai.

Baca Juga :   Air Terjun Tabur Batulicin, Wisata Tersembunyi Kabupaten Tanah Bumbu

Rute Menjuju Goa Liang Bangkai

Berikut kami sediakan petualangan menuju kawasan objek wisata Goa Liang Bangkai:

Jarak ekspedisi Dari Batulicin mengarah Goa Liang Bangkai Mantewe ialah sepanjang 39 Kilomoter lewat jalur Transmigrasi. Alternatif lain buat mengarah kawasan objek wisata goa liang bangkai tersebut dari Batulicin ialah melewati jalur eks Kodeco. Hanya saja bila melewati jalan tersebut bakal memakan waktu lebih lama sebab keadaan jalanan tersebut belum di aspal serta banyak ada bebatuan dalam bermacam ukuran.

Lain halnya bila melewati rute jalur transmigrasi. Keadaan jalur dari Batulicin mengarah Goa Liang Bangkai Kecamatan Mantewe jauh lebih bagus bila dibanding lewat jalur eks Kodeco. Keadaan jalur transmigrasi tersebut lebih aman serta sebagian besar telah beraspal.

Sejauh petualangan lewat jalur transmigrasi ke Goa Liang Bangkai, kamu bakal di suguhi panorama keelokan alam berbentuk hamparan kebun sawit di sisi kiri serta kanan jalur dan keadaan jalur berbukit. Perkebunan sawit dikelola sendiri oleh warga sekitar. Sejauh perjalanan sedikit kendaraan melintas cuma saja kamu diharapkan senantiasa selalu berjaga- jaga dalam memacu kendaraan kamu.

Menjelang datang di lokasi Goa Liang Bangkai, kamu bakal bertemu dengan kondisi jalur yang masih belum di aspal serta sedikit berbatu. Dari tempat ini bakal tiba di lokasi Goa Liang Bangkai kurang lebih sepanjang 4, 5 Kilometer bukan 3 Kilometer sebagaimana yang tercantum dalam papan petunjuk jalur tersebut.

Memasuki jalur tersebut harap bersabar serta senantiasa tenang memacu kendaraan kamu. Sejauh jalur mengarah Goa Liang Bangkai kamu bakal melewati perkampungan dengan keadaan jalur berbatu- batu.

Baca Juga :   Objek Wisata Untuk Liburan Akhir Pekan Di Batulicin

Tidak hanya berbatu, ada pula keadaan jalur masih dilapisi batu kapur dengan tujuan buat meredam kubangan air. Sejauh jalur ada banyak persimpangan jalur buat itu harap perhatikan jalan serta yakinkan mengikuti petunjuk jalan supaya tidak tersesat. Sepanjang petualangan bersabarlah hingga kamu datang di pintu gerbang Goa Liang Bangkai.

Dari pintu gerbang Goa Liang Bangkai yang menyerupai kelelawar tersebut ekspedisi masih terus bersambung. Kamu bakal merambah jalur tanah serta berbatu mengarah pintu gua sepanjang 3 Kilometer. Tibalah kamu di Goa Liang Bangkai.

Tips Tamasya ke Goa Liang Bangkai

  • Bersikaplah Sopan dan santun sepanjang kamu di dalam Goa serta patuhilah rambu- rambu yang berlaku di situ.
  • Datang pada saat hari Minggu ataupun Hari Libur Besar, bila kamu tiba diluar hari itu mungkin cuma kamu saja yang berada di sana.
  • Untuk yang hobi mancing, di dekat gua ini pula ada danau alami yang sesuai buat para turis yang mempunyai hobi mancing. Jangan lupa bawa peralatan pancing kamu sebab di situ tidak terdapat yang menjual peralatan pancing.
  • Bawalah kelengkapan santapan serta minum, sebab warung yang berada disitu cuma buka pada waktu tertentu saja.
  • Wajib bawa perlengkapan penerang berbentuk senter bila mau masuk ke dalam goa.
  • Yakinkan kamu dalam keadaan yang sehat prima saat sebelum anda memasuki ke dalam gua.
  • Mintalah pemandu wisata yang terdapat di situ buat memandu kamu beserta keluarga masuk kedalam Goa Liang Bangkai. Kamu bakal disuguhkan Panorama Indah sepanjang posisi di dalam Gua.

Demikian informasi tentang Goa Liang Bangkai, Objek Wisata Alam Tanah Bumbu ini semoga bermanfaat buat anda yang saat ini sedang mencari informasi tentang Goa Liang Bangkai ini.

europalia

Europalia adalah festival budaya dan seni internasional yang diselenggarakan di Belgia dan negara-negara tetangga sejak 1969. Festival ini diselenggarakan oleh Europalia Internasional, lembaga nonprofit di bawah Keluarga Kerajaan Belgia yang bermarkas di Brussel.

Related Posts

Air Terjun Tabur Batulicin, Wisata Tersembunyi Kabupaten Tanah Bumbu

Air Terjun Tabur Batulicin, Wisata Tersembunyi Kabupaten Tanah Bumbu

Objek Wisata Untuk Liburan Akhir Pekan Di Batulicin

Objek Wisata Untuk Liburan Akhir Pekan Di Batulicin