11 Makanan Khas Jogja Yang Sangat Populer

11 Makanan Khas Jogja Yang Sangat Populer

Bicara makanan ciri khas jogja atau yogyakarta kelihatannya tidak pernah ada habisnya. Sebab jogja populer dengan kulinerannya yang unik dan legendaris dan variasi. Karena itu, bila anda ke jogja tiada nikmati makanan uniknya, karena itu jalanan anda tanpa artinya. Hampa…!!

Yapz, jalanan di jogja atau yogyakarta itu membahagiakan. Kecuali tempat wisatanya yang menarik serta sarat dengan adat jawa, makanan uniknya rupanya benar-benar dikagumi warga nusantara.

Nah, inilah 11 makanan ciri khas Jogja yang dikutip dalam brilio[dot]net. Bersiap tahan bujukan ya…

Makanan Khas Jogja
Makanan Khas Jogja

1. Sate Petir serta Tongseng Petir Pak Nano

Tenang, petir yang ini tidak membunuh tetapi akan menganakemaskan lidah beberapa pencinta kulineran pedas di Jogja. Kulineran Jogja persisnya di Jalan Lingkar Selatan, Dusun Tirtonimolo 90, Kasihan, Bantul, ini benar-benar berteman dengan kita semua. Yakinlah, walau kamu anti daging kambing, kamu akan senang sajian disini. Ditambah lagi untuk kamu yang menyukai pedes, wuih pas, pedes sekali!

2. Sate Klathak Pak Bari

Salah satunya cita-rasa kulineran ciri khas Jogja yang tidak bisa dilewati. Tempatnya juga tidak susah, terdapat dalam pasar Imogiri, persisnya seputar 4,5 km dari ring road selatan ke arah arah penyemayaman raja-raja di Imogiri. Antiknya, olahan sate klatak cuman dibumbui garam saja, tetapi selalu tersaji lembutnya sate yang empuk dengan wewangian kambing yang nendang serta rasa orisinal dari daging fresh lalu dibakar memakai arang. FYI, menurut Pak Bari asal mula sate klatak itu ialah berawal dari nama biji buah mlinjo.

3. Sambal Welut Pak Sabar

Beberapa pengunjung yang tiba kelompok walau harus blusukan untuk ke arah warung yang terdapat di seputar Jl. Imogiri Barat Km. 4, persisnya di Dokaran, Tamanan, Banguntapan, Bantul ini. Tidak bingung, sebab sambel cabai hijau serta welutnya benar-benar sedap, membangkitkan hasrat serta benar-benar cocok dikonsumsi bersama-sama beberapa lauk pauk yang disediakan. Nikmat pakai sekali!

Baca Juga :   Rekomendasi Gamis Anak Laki Laki 3 Tahun

4. Mangut Lele serta Gudeg Nggeneng Mbah Marto

Kekhasan warung ini ialah makanan yang dipasarkan dihidangkan langsung di pawon (dapur ciri khas Jawa). Kompor yang dipakai masih berbentuk tungku dari batu bata dengan bahan bakar kayu sabut kelapa dan bakar. Warung ini populer dengan gudeg yang dihidangkan dengan lele asap. Kuahnya membuat nagih dengan rasa pedas yang memberi rasa segar.

Tempat warung makan Gudeg Mangut Lele Mbah Marto Nggeneng ada di alamat Desa Nengahan, Ngiri-Ngiri, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Tempatnya cukup masuk di perkampungan, tetapi tak perlu cemas, sebab tempat ini cukup populer di Jogja.

5. Bakmi Harjo Geno

Jangan ngaku pencinta bakmi jawa jika belum ke sini. Kualitas rasa yang tetap dijaga dengan belum pernah kurangi ukuran bumbu serta terus memakai telur bebek. Untuk kaldu, dibuat dari rebusan potongan ayam daerah betina. Tidak itu saja, untuk membuat rasa olahan ada tambahan udang untuk pendamping kaldu. Cita-rasa spesial dari depan Pasar Prawirotaman yang harus dicoba!

6. Ayam Goreng Mbah Cemplung

Nikmat sekali! Ayam goreng super renyah merasuk ke sisi dalam dari ayam. Belum juga tingkat kematangan ayam ini termasuk sempurna. Tidak perlu garing, tetapi masak dengan menyeluruh. Menu rumahan ayam goreng yang diproses dengan tangan yang pas, ya di warung yang terdapat di Sembungan, Kasihan, Bantul ini. Terletak tidak jauh dari Kasongan kok.

7. Jejamuran Resto

Minuman dan-makanan betul-betul dari jamur semua. Jejamuran Restoran sudah terpadu dengan perkebunan jamur serta konsultan budidaya jamur, maka janganlah cemas dengan opsi jamur yang disiapkan, tentu pantas bergizi dan makan. Alamatnya? Niron, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta, kurang lebih persisnya dari arah kota Jogja ke arah Magelang.

8. Entok Slenget Kang Tanir

Jika kamu ingin bertandang ke wilayah Turi, Sleman, Yogyakarta, harus singgah mampir ke sini. Persisnya berada di Randusongo, kelurahan Donokerto, kecamatan Turi. Memang sich jauh dari pusat kota tetapi terbayar dengan sepiring entok slenget nikmat dan pedas. Slenget yang disebut di sini mengacu di cabai yang digabung dengan semur entoknya. Supaya rasa pedas bersemanyam semakin lama di mulut, Kang Tanir menambah merica supaya hangat dibadan.

Baca Juga :   Daftar Menu Nasi Kotak Depok Murah

9. Gudeg Pawon

Warung gudeng ini memang legendaris sekali! Walau baru membuka jam 10 malam, beberapa pencinta gudeg telah berbaris 1/2 jam sebelumnya. Tidaklah aneh sebab rasa gudeg yang orisinal hingga sering menjadi daya magnet tertentu untuk beberapa pengunjung dalam kota atau luar kota. Faktanya, gudeg yang terjual telah habis dalam kurun waktu 1-1,5 jam saja. Jadi, hadirlah sebelumnya jam 1/2 10 ke Jl. Janturan 36-38, Warungboto, Yogyakarta.

10. Bakmi Mbah Hadi

Warung bakmi jawa yang makin terbatas penampilannya, karena terdapat dalam tempat pom bensin Terban. Tetapi rasa-rasanya memang maknyus! Disamping itu, servicenya cukup cepat. Penggunaan telur bebeknya membuat kuahnya berasa istimewa. Belum juga bumbunya yang mantap. Langsung terpikat dech dengan bakmi ini. Satu perihal lagi yang menarik ialah struktur bakminya yang besar dan kenyal. Betul-betul cocok sekali dikonsumsi dengan bumbu-bumbu yang dipakai.

11. Angkringan Nganggo Suwe

Angkringan yang terdapat di Jl. Pramuka 106, Giwangan, Jogja ini benar-benar populer. Ditambah lagi nasi bakarnya yang hebat markotop! Ada 3 menu yang kabarnya dihandalkan di angkringan ini, yakni sego sambel welut, wedang jahe asem serta tentu saja nasi bakar. Walau sama dibungkus, tetapi nasi bakar ini dibungkus dengan daun pisang, yang membuat nasinya berasa harum. Belum juga daun kemangi yang diletakkan didalamnya dengan nasi serta ikan asinnya, betul-betul sedap dan harum.

Kemungkinan itu 11 makanan ciri khas jogja yang paling nikmat serta terkenal di kelompok warga Indonesia. Bagaimana guys? anda sempat mengujungi beberapa tempat di atas? Kemungkinan diantaranya? Naaah bila tidak pernah, karena itu coba-cobalah meluangkan waktu berliburnya untuk merasai serta nikmati makanan ciri khas yogyakarta di atas.

europalia

Europalia adalah festival budaya dan seni internasional yang diselenggarakan di Belgia dan negara-negara tetangga sejak 1969. Festival ini diselenggarakan oleh Europalia Internasional, lembaga nonprofit di bawah Keluarga Kerajaan Belgia yang bermarkas di Brussel.

Related Posts

7 Manfaat Curcuma Plus Extra Temulawak untuk Si Kecil

7 Manfaat Curcuma Plus Extra Temulawak untuk Si Kecil

Rekomendasi Gamis Anak Laki Laki 3 Tahun

Rekomendasi Gamis Anak Laki Laki 3 Tahun

Daftar Menu Nasi Kotak Depok Murah

Daftar Menu Nasi Kotak Depok Murah

4 Strategi Jitu dalam Memajukan Usaha Catering

4 Strategi Jitu dalam Memajukan Usaha Catering