Nia Dinata



Nia Dinata

Nia Dinata lahir di Jakarta, 4 Maret 1970. Dia telah memenangkan penghargaan sebagai sutradara film Ca Bau Kan di tahun 2001. Film ini berkisah tentang masalah pernikahan berbeda suku Indonesia dan Cina dan berlatar pada masa kolonial Belanda. Nia memenangkan penghargaan “Best Promising New Director” dan “Best Art Director” se-Asia Pasifik di Seoul.

Sebelum gejolak politik di tahun 1998, produksi film di Indonesia hampir mustahil kecuali pembuat film termasuk dalam kelas elit Kementerian Informasi. Setiap naskah film harus masuk laporan kementerian untuk diperiksa. Namun, Nia Dinata dengan berani mendobrak aturan ketat industry film pada masa itu melalui Ca Bau Kan.

 

Pada 2003, Nia kembali mendapatkan penghargaan melalui film Arisan! Yang memasukkan karakter gay di Indonesia yang pada saat itu masih sangat controversial, disusul dengan film Berbagi Suami pada 2005 yang mengangkat isu sensitif poligami di Indonesia membuat Nia membuktikan dirinya sebagai sutradara film wanita yang berani. Film ini memenangkan penghargaan Halekulani Golden Award for Best Pictures di Hawaii International Film Festival 2006.