Musik adalah bahasa universal

14 November 2017
Musik adalah bahasa universal


Musik adalah bahasa universal

Oleh Yanti Mualim

Otto Sidharta, Tarawangsawelas (Teguh Adi Permana dan Wisnu Ridwan) dan Rabih Beaini tampil pada Minggu 12 November 2017 di Korzo Theater, Den Haag dalam deretan pemusik elektronik mancanegara.

Pada kesempatan ini Otto Sidharta komponis dan musikus elektronik Indonesia hadir dengan komposisi baru: sebuah ratapan mengenang para korban terorisme di seantero dunia. Otto Sidharta: “Karena berita-berita tentang teror ini sangat mengganggu saya, koq masih terus terjadi.” Komposisi ini khusus digubah untuk tour Europalia.

Tarawangsawelas yang terdiri dari Teguh Adi Permana dan Wisnu Ridwan, tampil dengan Rabih Beaini, seorang DJ Libanon dan pemusik elektronik yang bermukim di Jerman. Bertiga mereka menghadirkan paduan musik elektronik dengan musik budaya tradisional Sunda. Teguh Adi Permana memainkan tarawangsa alat gesek khas Sunda dan Wisnu Ridwan memainkan jentreng (semacam kecapi).

Bagi pemusik-pemusik muda ini kehadiran mereka di panggung internasional membuktikan bahwa musik adalah bahasa universal. Itu tampak dari apresiasi publik terhadap permainan musik mereka. Beberapa penonton mendatangi mereka usai konser dan mengucapkan terimakasih untuk kedamaian musik yang telah dibawakan oleh Tarawangsawelas.

Penanggungjawab acara Korzo Theater Shane Burmania dengan yakin menjadwal pemusik-pemusik Indonesia ini ketika mendengar mereka akan berada di Eropa dalam rangka Europalia. Theater Korzo menyediakan panggung untuk mengakrabkan publik dengan talenta-talenta baru dan mengembangkan gagasan-gagasan anyar dari berbagai disiplin seni. Korzo, teater kecil di jantung kota Den Haag, hari Minggu itu penuh pengunjung. Pengunjung sangat beragam usia dan latar belakang. Di antara pengunjung juga terdapat beberapa orang Indonesia yang tinggal di Belanda.

Otto Sidharta dan Tarawangsawelas hanya tampil satu kali di Belanda, sebelumnya mereka tampil di Brussel dan Eupen, Belgia. Dari Belanda mereka akan tampil di Berlin, Jerman pada 15 November 2017 kemudian tour Europalia mereka ini akan berakhir di Gent, Belgia pada 16 November 2017.